RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N
1 KOTAAGUNG
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Mata Pelajaran : Geografi
Tema : Biosfer
Sub Tema : Persebaran Flora dan Fauna
di Indonesia
Pertemuan Ke : 1 dan 2 (Dua Kali Pertemuan)
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
1. Mensyukuri kondisi keragaman flora dan fauna di
Indonesia yang melimpah sebagai karunia
Tuhan Yang Maha Esa.
2. Menunjukkan
perilaku peduli terhadap pelestarian dan perlindungan flora dan fauna langka di
Indonesia.
3. Menganalisis
sebaran flora dan fauna di Indonesia berdasarkan karakteristik ekosistem dan
region iklim.
4. Mengomunikasikan
sebaran flora dan fauna di Indonesia dalam bentuk artikel ilmiah, makalah, atau
bahan publikasi lainnya.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
A.
Pertemuan Ke - 1
1. Diharapkan pesrta didik mampu Menunjukkan
rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas
ciptaannya yaitu keberagaman Flora dan Fauna yang ada di Indonesia maupun dunia.
2. Diharapkan pesrta didik dapat Mendukung kegiatan-kegiatan
yang bersifat peduli terhadap lingkungan dan pelestarian flora dan fauna.
B.
Pertemuan Ke - 2
3. Diharapkan pesrta didik dapat menjelaskan faktor yang
mempengaruhi pesebaran flora dan fauna di Indonesia.
4. Peserta didik dapat menggambarkan peta konsep sebaran
flora dan fauna berdasarkan sumber belajar yang ada.
D.
Tujuan
Pembelajaran
A.
Pertemuan Ke – 1
Pada
pertemuan pertama diharapkan :
1. Peserta didik memahami
persebaran flora dan fauna di Indoneisa sebagai salah satu nikmat atas karunia Tuhan Yang Maha Esa.
2. Peserta didik menunjukkan bijaksana dalam pemanfaatan sumber daya flora dan fauna
yang ada disekitar.
B.
Pertemuan Ke – 2
Pada
pertemuan kedua diharapkan :
3. Peserta didik dapat mengetahui factor yang mempengaruhi
persebaran flora dan fauna di Indonesia.
4.
Peserta didik menunjukkan
rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan terkait
materi Biosfer.
C.
Materi Ajar
1. Menjelaskankan faktor yang mempengaruhi persebaran
flora dan fauna di Indonesia.
2. Menjelaskan daerah
persebaran flora dan fauna yang ada di Indonesia.
3. Menganalisis artikel tentang flora dan fauna yang
diperoleh dari media masa.
D.
Metode
Pembelajaran
·
Pendekatan :
Scientific
§ Mengamati
§ Menanya
§ Menalar
§ Mencoba
§ Menyimpulkan
§ mengkomunikasikan
·
Metode :
Ceramah, Diskusi kelompok, Penugasan, dan Presntasi.
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan Ke – 1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberi salam.
·
Mengabsen peserta
didik.
·
Menanyakan kesiapan
dan kenyamanan belajar peserta didik.
·
Menanyakan
pengetahuan peserta didik tentang flora dan fauna.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru menampilkan film/video pendek terkait persebaran flora dan fauna di
Indonesia menggunakan laptop dan LCD proyektor.
·
Peserta
didik diminta mebentuk kelompok untuk berdiskusi.
·
Tiap
kelompok diminta menganalisis terkait video persebaran flora dan fauna
tersebut
·
Setelah
selesai tiap kelompok diminta memaparkan hasilnya kepada kelompok lain.
·
Kelompok
lain diminta untuk memberikan komentar atau sanggahan terhadap kelompok yang
sudah mempresentasikan hasilnya.
|
90 menit
|
Penutup
|
·
Mengumpulkan
tugas analisis kelompok yang dibuat berdasarkan video persebaran flora dan
fauna.
·
Guru
memberikan kesimpulan dari materi yang sudah dibahas.
|
35 menit
|
2.
Pertemuan Ke- 2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberi salam.
·
Mengabsen peserta
didik.
·
Menanyakan kesapan
dan kenyamanan belajar peserta didik.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru Memberikan beberapa pertanyaan terkait materi sebelumnya.
·
Guru
memberikan materi singkat tentang sebaran flora dan fauna di Indonesia dengan
metode ceramah.
·
Guru menampilkan
peta Indonesia dengan media gambar.
·
Setiap
peserta didik diminta membuat peta konsep tentang daerah persebaran flora dan
fauna ditiga wilayah (Wallace, Weber, dan peralihan).
·
Setiap
peserta didik diminta mengklasifikasikan jenis flora dan fauna tiap wilayah.
|
90 menit
|
Penutup
|
·
Peserta
didik diminta mengumpulkan hasil tugas yang diberikan.
·
Guru
memberikan kesimpulan mengenai daerah persebaran flora dan fauna di
Indonesia.
|
36 menit
|
F.
Alat
dan Sumber Belajar
1. Alat dan Bahan
·
LCD Proyektor
·
Laptop
·
Peta wilayah persebaran
fauna di Indonesia
·
Video/Film persebaran flora dan
fauna
2. Sumber Belajar
·
Buku geografi .
·
Sumber internet : Google, Wikipedia, dan Website lainnya.
G.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
1.
Teknik :
Tertulis
2.
Bentuk :
Penilaian objektif dengan memberikan tugas tertulis
3.
Instrumen
·
Tes : Memberikan Soal Pilihan ganda 10 soal dan
isian singkat 5 soal.
4.
Kunci dan Pedoman
A.
Kunci Jawban
Kunci
Jawaban Pilihan Ganda:
1. D
2. A
3. E
4. B
5. A
6. E
7. A
8. C
9. E
10. D
Kunci Jawaban Isian Singkat :
1. Garis
Wallace
2. Kawasan
barat, tengah/peralihan, dan timur
3. Hutan
pegunungan
4. Sumatera
Selatan
5. Keanekaragaman
hayati yang sangat tinggi dan bervariasi
B.
Pedoman
CONTOH PEDOMAN PENSKORAN
|
||||
Pilihan Ganda : Jawaban Benar Skor 1
dan Jawaban Salah Skor 0
Isian Singkat :
Jawaban Benar Skor 2 dan Jawaban Salah Skor 0
|
||||
Bentuk Soal
|
Jumlah Soal
|
No. Soal
|
Skor Maksimum
|
Perolehan
|
Pilihan Ganda
|
10
|
1-10
|
10
|
M
|
Isian Singkat
|
5
|
1-5
|
10
|
C
|
Cara Perhitungan Nilai :
Ø
Jika
dari 10 soal siswa hanya menjawab benar 8 soal maka perhitungannya adalah :
Ø
Jika
dari 5 soal siswa hanya menjawab benar 3 soal (1 Soal Skor 2 = 3 Soal Skor 6)
maka perhitungannya adalah:
5.
Tugas
A.
Pilihan
Ganda
1. Kehidupan (manusia, hewan, dan tumbuhan) di muka bumi yang
menempati satu lapisan yang ada di atmosfer, dikenal dengan istilah
…
a. Lithosfer
b. Atmosfer
c. Hidrosfer
d. Biosfer
e. Geosfer
2. Biosfera terdiri dari tiga kelompok besar, yaitu … .…
a. Manusia, Hewan dan tumbuhan
b. Hewan
c. Tumbuhan
d. Air, udara dan tanah
e. Flora, fauna dan kineral
3. Garis Wallace adalah garis yang memisahkan fauna ……
a. Tengah dengan utara Indonesia
b. Tengah dengan timur Indonesia
c. Timur dan selatan Indonesia
d. Utara dan selatan Indonesia
e. Bagian tengah dengan baratIndonesia
4. Tumbuhan yang mempunyai ciri pohon besar, tinggi, berdaun
lebat dan selalu hijau sepanjang tahun, dikelompokkan pada tumbuhan ….…
a. Hidroponik
b. Trophophyta
c. Saprophyta
d. Xerophyta
e. mesophyta
5. Hewan mamalia khas Indonesia bagian Tengah, yaitu ..…
a. Anoa
b. Gajah
c. Cenderawasih
d. Badak
e. Harimau
6. Jenis fauna yang di lindungi di tanam nasional Ujung
Kulon-Provinsi Banten adalah ……
a. Gajah
b. Maleo
c. Banteng
d. komodo
e. Badak bercula satu
7. Vegetasi di daerah pesisir yang mempunyai peranan penting
untuk menahan hempasan gelombang air laut adalah ......
a. Hutan mangrove
b. Tundara
c. Sabana
d. Hutan tropis
e. Hutan taiga
8. Wilayah
Indonesia membentang dari timur hingga barat, berdasarkan regionalisasi
tumbuhan, flora di Indonesia berada pada kawasan subregion…
a. Sabang
– Merauke
b. Melayu
– Melanesia
c. Indomalaysia
– Australia
d. Indomalaysia
e. Malaysia
9. Persebaran
flora di Indonesia dari barat hingga timur terdiri atas susunan hutan sebagai
berikut…
a. Musim,
pegunungan, sabana tropis, bakau, hujan tropis
b. Pegunungan,
sabana tropis, bakau, hujan tropis, musim
c. Sabana
tropis, bakau, hujan tropis, musim, pegunungan
d. Bakau,
hujan tropis, musim, pegunungan, sabana tropis
e. Hujan
tropis, musim, pegunungan, sabana tropis, bakau
10. Perhatikan pernyataan berikut :
·
banyak
dijumpai di daerah lintang rendah
·
tanaman
tumbuh berdaun lebar
·
selalu
hijau sepanjang tahun
Pernyataan
tersebut merupakan ciri-ciri bioma ....…
a. Sabana
b. Tundra
c. Gurun
d. Hutan hujan tropis
e. Taiga
B.
Isian
Singkat
1. Kawasan
peralihan dengan kawasan barat fauna Indonesia dipisahkan oleh sebuah garis
maya yang disebut…..............
2. Menurut
Wallace persebaran fauna di Indonesia terbagi dalam 3 kawasan yaitu….................
3. Di
kawasan peralihan (Wallace region) iklim yang berlaku adalah iklim kering
dengan vegetasi, di Sulawesi berupa…..............
4. Beberapa
suku yang tinggal dan hidup di dalam hutan dan menjadi bagian alami dari hutan
misalnya masyarakat Siberut yang tinggal di….............
5. Kaitannya
dengan persebaran flora fauna, Indonesia dikenal dunia dengan julukan
megadiversity country yang artinya…................
Mengetahui;
Kepala Sekolah SMA N 1 KOTAAGUNG
( ....................................................... )
NIP /NIK : ..............................
|
Bandar Lampung,18 Desember 2014
Guru
Mapel Geografi
( ....................................................... )
NIP /NIK : ..............................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar