/*** Featured Categories ***/ img.label_thumb{ float:left; padding:5px; border:1px solid #8f8f8f; background:#D2D0D0; margin-right:10px; height:55px; width:55px; } img.label_thumb:hover{ background:#f7f6f6; } .label_with_thumbs { float: left; width: 100%; min-height: 70px; margin: 0px 10px 2px 0px; adding: 0; } ul.label_with_thumbs li { padding:8px 0; min-height:65px; margin-bottom:10px; } .label_with_thumbs a {} .label_with_thumbs strong {}

GEOMORFOLOGI

Selasa, 13 Januari 2015

RPP




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan      : SMA N 1 KOTAAGUNG
Kelas/Semester            : XI / Ganjil
Mata Pelajaran            : Geografi
Tema                           : Biosfer
Sub Tema                    : Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
Pertemuan Ke             : 1 dan 2 (Dua Kali Pertemuan)
Alokasi Waktu            : 3 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



B.     Kompetensi Dasar
1.      Mensyukuri  kondisi keragaman flora dan fauna di Indonesia yang melimpah  sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Menunjukkan perilaku peduli terhadap pelestarian dan perlindungan flora dan fauna langka di Indonesia.
3.      Menganalisis sebaran flora dan fauna di Indonesia berdasarkan karakteristik ekosistem dan region iklim.
4.      Mengomunikasikan sebaran flora dan fauna di Indonesia dalam bentuk artikel ilmiah, makalah, atau bahan publikasi lainnya.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
A.    Pertemuan Ke - 1
1.      Diharapkan pesrta didik mampu Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas ciptaannya yaitu keberagaman Flora dan Fauna yang ada di Indonesia maupun dunia.
2.      Diharapkan pesrta didik dapat Mendukung kegiatan-kegiatan yang bersifat  peduli terhadap lingkungan dan pelestarian flora dan fauna.
B.     Pertemuan Ke - 2
3.      Diharapkan pesrta didik dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi pesebaran flora dan fauna di Indonesia.
4.      Peserta didik dapat menggambarkan peta konsep sebaran flora dan fauna berdasarkan sumber belajar yang ada.

D.    Tujuan Pembelajaran
A.    Pertemuan Ke – 1
Pada pertemuan pertama diharapkan :
1.      Peserta didik memahami persebaran flora dan fauna di Indoneisa sebagai salah satu nikmat atas karunia Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Peserta didik menunjukkan bijaksana dalam pemanfaatan sumber daya flora dan fauna yang ada disekitar.

B.     Pertemuan Ke – 2
Pada pertemuan kedua diharapkan :
3.      Peserta didik dapat mengetahui factor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna di Indonesia.
4.      Peserta didik menunjukkan rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan terkait materi Biosfer.

C.    Materi Ajar
1.      Menjelaskankan faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna di Indonesia.
2.      Menjelaskan daerah persebaran flora dan fauna yang ada di Indonesia.
3.      Menganalisis artikel tentang flora dan fauna yang diperoleh dari media masa.

D.    Metode Pembelajaran
·         Pendekatan       : Scientific
§  Mengamati
§  Menanya
§  Menalar
§  Mencoba
§  Menyimpulkan
§  mengkomunikasikan
·         Metode            : Ceramah, Diskusi kelompok, Penugasan, dan Presntasi.










E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan Ke – 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·           Memberi salam.
·           Mengabsen peserta didik.
·           Menanyakan kesiapan dan kenyamanan belajar peserta didik.
·           Menanyakan pengetahuan peserta didik tentang flora dan fauna.
10 menit
Inti
·           Guru menampilkan film/video pendek terkait persebaran flora dan fauna di Indonesia menggunakan laptop dan LCD proyektor.
·           Peserta didik diminta mebentuk kelompok untuk berdiskusi.
·           Tiap kelompok diminta menganalisis terkait video persebaran flora dan fauna tersebut
·           Setelah selesai tiap kelompok diminta memaparkan hasilnya kepada kelompok lain.
·           Kelompok lain diminta untuk memberikan komentar atau sanggahan terhadap kelompok yang sudah mempresentasikan hasilnya.
90 menit
Penutup
·           Mengumpulkan tugas analisis kelompok yang dibuat berdasarkan video persebaran flora dan fauna.
·           Guru memberikan kesimpulan dari materi yang sudah dibahas.
35    menit

2.      Pertemuan Ke- 2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·           Memberi salam.
·           Mengabsen peserta didik.
·           Menanyakan kesapan dan kenyamanan belajar peserta didik.
10 menit
Inti
·           Guru Memberikan beberapa pertanyaan terkait materi sebelumnya.
·           Guru memberikan materi singkat tentang sebaran flora dan fauna di Indonesia dengan metode ceramah.
·           Guru menampilkan peta Indonesia dengan media gambar.
·           Setiap peserta didik diminta membuat peta konsep tentang daerah persebaran flora dan fauna ditiga wilayah (Wallace, Weber, dan peralihan).
·           Setiap peserta didik diminta mengklasifikasikan jenis flora dan fauna tiap wilayah.
90 menit
Penutup
·           Peserta didik diminta mengumpulkan hasil tugas yang diberikan.
·           Guru memberikan kesimpulan mengenai daerah persebaran flora dan fauna di Indonesia.
36    menit





F.     Alat dan Sumber Belajar
1.      Alat dan Bahan
·         LCD Proyektor
·         Laptop
·         Peta wilayah persebaran fauna di Indonesia
·         Video/Film persebaran flora dan fauna
2.      Sumber Belajar
·         Buku geografi .
·         Sumber internet : Google, Wikipedia, dan Website lainnya.


G.    Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Teknik            : Tertulis
2.      Bentuk            : Penilaian objektif dengan memberikan tugas tertulis
3.      Instrumen
·         Tes : Memberikan Soal Pilihan ganda 10 soal dan isian singkat 5 soal.
4.      Kunci dan Pedoman
A.    Kunci Jawban
Kunci Jawaban Pilihan Ganda:


1.      D
2.      A
3.      E
4.      B
5.      A
6.      E
7.      A
8.      C
9.      E
10.  D



Kunci Jawaban Isian Singkat :
1.      Garis Wallace
2.      Kawasan barat, tengah/peralihan, dan timur
3.      Hutan pegunungan
4.      Sumatera Selatan
5.      Keanekaragaman hayati yang sangat tinggi dan bervariasi

B.     Pedoman
CONTOH PEDOMAN PENSKORAN
Pilihan Ganda : Jawaban Benar Skor 1 dan Jawaban Salah Skor 0
Isian Singkat               : Jawaban Benar Skor 2 dan Jawaban Salah Skor 0
Bentuk Soal
Jumlah Soal
No. Soal
Skor Maksimum
Perolehan
Pilihan Ganda
10
1-10
10
M
Isian Singkat
5
1-5
10
C



Cara Perhitungan Nilai :
           
Ø   
Jika dari 10 soal siswa hanya menjawab benar 8 soal maka perhitungannya adalah :
  
Ø   
Jika dari 5 soal siswa hanya menjawab benar 3 soal (1 Soal Skor 2 = 3 Soal Skor 6) maka perhitungannya adalah:
  

5.      Tugas
A.    Pilihan Ganda
1.      Kehidupan (manusia, hewan, dan tumbuhan) di muka bumi yang menempati satu lapisan yang ada di atmosfer, dikenal dengan istilah 
a.       Lithosfer
b.      Atmosfer
c.       Hidrosfer
d.      Biosfer
e.       Geosfer
2.      Biosfera terdiri dari tiga kelompok besar, yaitu … .
a.       Manusia, Hewan dan tumbuhan
b.      Hewan
c.       Tumbuhan
d.      Air, udara dan tanah
e.       Flora, fauna dan kineral
3.      Garis Wallace adalah garis yang memisahkan fauna …
a.       Tengah dengan utara Indonesia
b.      Tengah dengan timur Indonesia
c.       Timur dan selatan Indonesia
d.      Utara dan selatan Indonesia
e.       Bagian tengah dengan baratIndonesia
4.      Tumbuhan yang mempunyai ciri pohon besar, tinggi, berdaun lebat dan selalu hijau sepanjang tahun, dikelompokkan pada tumbuhan ….
a.       Hidroponik
b.      Trophophyta
c.       Saprophyta
d.      Xerophyta
e.       mesophyta
5.      Hewan mamalia khas Indonesia bagian Tengah, yaitu ..
a.       Anoa
b.      Gajah
c.       Cenderawasih
d.      Badak
e.       Harimau
6.      Jenis fauna yang di lindungi di tanam nasional Ujung Kulon-Provinsi Banten adalah …
a.       Gajah
b.      Maleo
c.       Banteng
d.      komodo
e.       Badak bercula satu
7.      Vegetasi di daerah pesisir yang mempunyai peranan penting untuk menahan hempasan gelombang air laut adalah ......
a.       Hutan mangrove
b.      Tundara
c.       Sabana
d.      Hutan tropis
e.       Hutan taiga
8.      Wilayah Indonesia membentang dari timur hingga barat, berdasarkan regionalisasi tumbuhan, flora di Indonesia berada pada kawasan subregion…
a.       Sabang – Merauke
b.      Melayu – Melanesia
c.       Indomalaysia – Australia
d.      Indomalaysia
e.       Malaysia
9.      Persebaran flora di Indonesia dari barat hingga timur terdiri atas susunan hutan sebagai berikut…
a.       Musim, pegunungan, sabana tropis, bakau, hujan tropis
b.      Pegunungan, sabana tropis, bakau, hujan tropis, musim
c.       Sabana tropis, bakau, hujan tropis, musim, pegunungan
d.      Bakau, hujan tropis, musim, pegunungan, sabana tropis
e.       Hujan tropis, musim, pegunungan, sabana tropis, bakau
10.  Perhatikan pernyataan berikut :
·         banyak dijumpai di daerah lintang rendah
·         tanaman tumbuh berdaun lebar
·         selalu hijau sepanjang tahun
Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri bioma ....


a.       Sabana
b.      Tundra
c.       Gurun
d.      Hutan hujan tropis
e.       Taiga


B.     Isian Singkat
1.      Kawasan peralihan dengan kawasan barat fauna Indonesia dipisahkan oleh sebuah garis maya yang disebut…..............
2.      Menurut Wallace persebaran fauna di Indonesia terbagi dalam 3 kawasan yaitu….................
3.      Di kawasan peralihan (Wallace region) iklim yang berlaku adalah iklim kering dengan vegetasi, di Sulawesi berupa…..............
4.      Beberapa suku yang tinggal dan hidup di dalam hutan dan menjadi bagian alami dari hutan misalnya masyarakat Siberut yang tinggal di….............
5.      Kaitannya dengan persebaran flora fauna, Indonesia dikenal dunia dengan julukan megadiversity country yang artinya…................













Mengetahui;
Kepala Sekolah SMA N 1 KOTAAGUNG





( ....................................................... )
NIP /NIK :  ..............................



Bandar Lampung,18 Desember 2014
Guru Mapel Geografi





( ....................................................... )
NIP /NIK :  ..............................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar